Sabtu, 10 Februari 2018

Budidaya Bunga Matahari

Bunga Matahari dapat tumbuh dengan sangat bagus, untuk mempercantik Kebun Pekarangan Pesantren Ekologi
Kembang Srangenge (Bunga Matahari)
Satu jenis bunga ini , bisa menjadi penglipur lara. Kami menanamnya di pinggir pinggir pematang sawah atau di tengah kebun.  Bila pagi menghadap ke matahari, bila sore menghadap ke Gunung Guntur.
Amboi sangat cantik, antara warna kuning cerah, dengan warna hijau yang sangat segar. Kedua warnanya mendominasi tempat kami. Bila selfie dipinggirnya, atau ditengah tengahnya semua muka menjadi cantik.
Bunga Matahari benar benar mempercantik kebun pekarangan dan sawah kami, menjadi sangat istimewa yang memandangnya.
Selain enak dipandang, mudah perawatannya, maka di Indonesia  dikenal sebagai tanaman hias

Nama Latin
Helianthus annuus L

Ulfa Dwiyanti : Panen Benih Bunga Matahari, Sisanya dibuat Kwaci
Nama Daerah
Kembang Srangenge/Sarangenge, Sunda
Sringenge, Sasak
Bungong Matahuroi/Bungong Ledomata, Aceh
Bunga Panca Matoari/Bunga Teleng Matoari, Minangkabau
Kembang Sangenge/Purba Negara, Jawa
Kembhang Mata Are/Kembhang Tampong Are (Madura)
Sungeng, Bali
Bungga Ledomata, Rote
Sun Flower

Manfaat dan Khasiat
Dari berbagai literature yang dikumpulkan, berikut adalah kegunaan dan kemanfaatan Bunga Matahari :
Berkhasiat untuk menurunkan tekanan darah,serta merupakan pereda nyeri alami. Oleh karena itu bunga matahari dapat digunakan untuk mengurangi nyeri saat sakit gigi, sakit kepala, nyeri haid, dan nyeri lambung.
Biji bunga matahari bermanfaat untuk meningkatkan nafsu makan, mengatasi kelesuan, dan meredakan sakit kepala.
Akar tanaman bunga matahari bermanfaat untuk meluruhkan air seni, mengatasi infeksi saluran kencing, batuk rejan, dan keputihan, serta dapat meredakan batuk, dan juga mengurangi rasa nyeri. Daunnya berkhasiat untuk meredakan radang, mengurangi nyeri, dan antimalaria.
Batang bunga matahari (bagian sumsumnya) dapat digunakan untuk meningkatkan vitalitas, membantu kerja liver. Semoga bermanfaat.

Karakter Tanaman
dinamakan bunga heliotropisme dimana bunganya selalu mengikuti kemana arah matahari berjalan. Oleh karena itulah bunga ini diberi nama bunga matahari karena selalu mengikuti matahari dan juga karena bentuk bunga ini yang hampir sama dengan matahari secara imajiner.
Ciri khas yang dimiliki oleh bunga matahari adalah bunganya yang berwarna kuning terang, diameter kepala bunga besar (mencapai 30 cm) dengan warna yang sangat cerah.
Di dalam bunga matahari terdapat buah yang berbentuk kurung, biji bunga matahari yang sebenarnya ada di dalam buah lain yang melindunginya yang memiliki kulit tebal dan keras. Di dalam bunga ini setidaknya terdapat 2000 kuntum bunga atau biji di dalamnya.
akar yang terdapat pada bunga ini memiliki panjang sekitar 3-4 m di dalam tanah, sehingga hal ini membuat bunga matahari dapat tumbuh kokoh dengan ketinggian 5 m atau bahkan lebih. Adapun penyerbukan pada bunga matahari adalah dengan menggunakan bantuan serangga seperti lebah dan kupu-kupu.

Kebun Pekarangan, subur dengan menanam Bunga Matahari
Cara Bertanam
Umur tanaman bunga matahari sejak ditanam hingga panen adalah kurang lebih 100 hari (sebanding dengan umur jagung). Biasanya kami menanam bersamaan denga ditanamnya benih padi di sawah. Tahun ini kami menanam di tengah tengah musim hujan, agar nanti diujung penghujan bunga matahari baru muncul dan terlindungi bunganya dari guyuran air hujan. Tapi masyarakat pada umumnya menanam bunga matahari di musim kemarau, karena tanaman ini memerlukan banyak sinar matahari. Perawatan tanaman cukup mudah bila dibandingkan dengan tanaman lain, penanganan yang mutlak diperlukan hanya pemupukan, pengairan dan pembasmian gulma. Jumlah pemupukan dan pengairan yang diperlukan juga lebih kecil, tidak memerlukan tiap minggu, cukup satu bulan sekali saja. Kami tidak pernah mendapat gangnguan hama, ini bisa total ditanam secara organik.
Langkah pertama yang kami lakukan adalah :
Membuat bekong daun pisang yang diisi dengan tanah gembur, bekong bekong disimpan dalam wadah dijajarkan dengan rapi, disimpan biji matahari di kedalaman tanah 1cm.
Dalam dua minggu kami harus segera menyiapkan lahan garapan yang sudah ditutup jerami sejak satu bulan yang lalu, kami tinggal menyibakkan jerami saja untuk membuat lobanng lobang bagi penyimpanan bunga matahari yang sudah berdaun empat. Tidak harus dicangkul seperti membentuk bedengan, kami hanya mencangkul di area dimana kami membutuhkan tempat disekitar lobang penyimpanan benih bunga matahari
Selanjutnya pada usia 1 bulan, kami menaburkan Puupuk Organik Cair yang kami buat sendiri dari kotoran domba dan daun daun rumput yang dibuat busuk didalam tong.
Hanya satu kali saja diberi pupuk, selanjutnya menikmati keindahan dan kecantikannya.




                                                                                             

1 komentar: